Anak Tukang Sol Sepatu Jago Matematika


Suatu malam, ketika rapat RT saya melihat seorang ayah sedang sibuk menghitung iuran RT. Ternyata ia memiliki seorang anak yang luar biasa menginspirasi. Kalau dirunut lebih jauh, ternyata kita satu almamater untuk SD nya, yaitu SD Nanggulan. Melihat sejarahnya dahulu sekolah ini merupakan gabungan dari dua sekolah, yaitu SD N Triharja dan SD N Maguwaharja 2. Mungkin karena jumlah murid, akhirnya melebur jadi satu menjadi SD Nanggulan.

Berikut beberapa cuplikan dari wawancara beberapa tahun lalu di Kick Andy.

Andi F Noya : “prestasi apa saja yang pernah Anda peroleh di tingkat internasional?”

Di depan bang Andi ada anak Taruna Nusantara, sekolah yang telah menjadi sekolahnya anak-anak olimpiade internasional.

Yoga : “tahun 2009..,bla-bla…..saya mendapat perunggu, perak, dan emas pada tahun 2009 untuk OSN di Jakarta…bla-bla…” dan seterusnya dan seterusnya..

Bukan suatu keheranan bila remaja ber-IQ 163 ini menjadi juara dimana-mana dalam bidang matematika baik itu tingkat nasional dan internasional. IQ setingkat itu bisa dikatakan cerdas bahkan jenius. Namun yang mengherankan sekaligus menjadi suatu cambuk bagi kita adalah ia sebagai anak dari kalangan yang sangat sederhana, seorang tukang sol sepatu. Subhanallah..

Andi F Noya: “lalu bagaimana orang tua Anda bisa menyekolahkan Anda di SMA Taruna Nusantara yang terkenal sangat mahal itu?”

Yoga: “itu juga berkat dari OSN Matematika 2009 lalu, karena saya mendapat Emas, sebuah lembaga lalu mendaftarkan saya untuk bersekolah di Taruna tanpa biaya..”

Andi F Noya: “tanpa biaya??” Tanya Pak Andy heran. Semua hadirin yang ketika itu disorot beberapa wajahnya juga heran. Khas suasana bergeming sekaligus takjub yang bisa diperhatikan dari layar kaca.

Yoga: “ya, sampai lulus..” jawabnya polos.

Tepuk tangan riuh bergema di studio metro-tv tersebut. Terlihat sorot mata dari beberapa orang mengatakan kekaguman yang luar biasa. Sebelumnya dihadirkan tayangan betapa ayahnya yang hanya seorang tukang sol sepatu membiayai 2 anaknya, dengan kehidupan yang mungkin bisa kita bayangkan mengingat keberadaan tukang sol sepatu dimana-mana selalu sama. Sederhana. Profil ibunya yang tak disorot menunjukkan kepada khalayak bahwa ibunya tidak bekerja, hanya ayah yang bekerja dan satu adiknya yang juga bersekolah..

Subhanallah.,begitu indah rencana Allah dibalik keserdahanaan dan kesahajaan seseorang. Mungkin bagi kita dengan mudah mengatakan bahwa itu adalah sesuatu yang biasa karena sang anak tersebut, yang disebut-sebut mempunyai IQ 163 itu bisa memenangkan olimpiade matematika karena bersekolah di sekolah yang notabene adalah sekolahnya para juara. Namun, jika Anda punya anggapan demikian, hapuslah.,karena bukan IQ yang tinggi yang menjadi patokan, namun ketekunan luar biasa dari sang juara inilah yang mendorongnya hingga mampu berprestaasi di kancah dunia, menunjukkan bahwa dunia harus tahu, anak tukang sol sepatu yang upahnya hanya 20-30 ribu perminggu bisa berprestasi.

Saat diwawancarai oleh Pak Andy, ia mengatakan bahwa ia telah mendapatkan medali pertamanya saat ia duduk di Sekolah Dasar, mewakili Indonesia dalam sebuah olimpiade Matematika tingkat internasional. Subhanallah.,dan tiap tahun ia mendapatkan medali dalam bidang matematika terhitung sejak tahun 2008 baik itu di tingkat nasional dan internasional. Itu berkat ketekunan yang luar biasa dan kegigihan yang diatas rata-rata. Coba bayangkan,..sudah jenius, tekun pula. Subhanallah..

Lalu Pak Andi bertanya dengan disaksikan oleh mata penonton di studio yang tak henti-hentinya takjub melihat kepribadiannya yang begitu bersahaja dan berwibawa.

Andi F Noya: “apakah kamu tidak malu, mempunyai orang tua yang pekerjaannya hanya tukang sol sepatu?”

Yoga: “Tidak..” tegasnya dengan sedikit senyum. “saya tidak pernah malu, saya justru bangga..”

Riuh tepuk tangan kembali membahana..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s