Tips lulus kuliah tepat waktu


Mau diakui atau tidak, menjadi mahasiswa sangat berbeda dengan saat jadi anak sekolah yang jadwal kelulusannya sama. Seorang mahasiswa S1 jika dapat mengatur waktunya dengan baik dapat lulus dalam waktu 3-4 tahun. Sebaliknya, jika salah dalam bersikap bisa kena label mahasiswa abadi (bahkan ada yang lebih dari 6 tahun). Ada banyak alasan dan sisi positif dari lulus tepat waktu, contohnya: membahagiakan orangtua, tidak buang waktu, tidak buang uang, pengen cepat berkarir, bisa cepat menikah, dll. Beberapa tips ini semoga dapat membantu untuk yang berkeinginan lulus tepat waktu :

1. Harus percaya diri bisa lulus tepat waktu

Ini hal terpenting yang harus dibangun. Semua mahasiswa pantas dan bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang baik. Percayalah dengan kalimat tersebut. Ketika mindset kita mengatakan “bisa” maka usaha yang dilakukan lebih maksimal. Terkadang ada mahasiswa yang menyerah sebelum berusaha hanya karena hal-hal sepele, seperti asal SMA, banyak senior yang lama lulus, mata kuliah tertentu sangat susah, dll. Padahal setiap mahasiswa memiliki kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu ingatlah, semua mahasiswa pantas dan bisa lulus tepat waktu dan dengan hasil yang baik.

2.Optimalkan SKS yang bisa diambil

Perhatikan bahwa jumlah SKS berpengaruh untuk pengambilan skripsi. Optimal disini bukan berarti selalu mengambil SKS dalam jumlah maksimal. Optimal berarti menyesuaikan dengan jumlah yang diambil dengan kemampuan. Buatlah strategi dengan kemampuan yang ada, dapat memulai skripsi paling lambat dari awal semester 7.

3.Rajin mengikuti perkuliahan

Biasakan jujur untuk masalah absen. Selalu berusaha untuk mengikuti setiap perkuliahan akan berdampak baik untuk studi. Akan lebih baik lagi jika selalu duduk di bangku paling depan. Minimal akan membuat lebih fokus ketika kuliah dan tidak terlalu terganggu dengan “keinginan” untuk mengobrol.

4.Ambil pelajaran dari senior, terutama hal yang baik

Pernahkah sharing dengan senior yang ada justru ditakut-takuti? Misal, matkul ini susah lho, matkul ini dosennya killer, dll. Selalu ambillah sisi positifnya. Misal matkul A itu sulit. Anggap saja mungkin karena senior tersebut kurang siap atau kurang belajar, jadi sikapilah dengan lebih siap. Terutama dengan ucapan, IPK sekian (padahal masih biasa) sudah bagus. Padahal setiap mahasiswa pantas untuk lulus dengan predikat Cumlaude. Dan kembali ke no 1, kalimat tersebut hanya akan berefek jika percaya.

Dari pengalaman, pernah sekelompok mahasiswa non matematika mengikuti mata kuliah tertentu di matematika. Total ada 6 mahasiswa, karena galau dengan dosennya hasil akhirnya 3 dapat E, 2 dapat D, satu dapat C. Pada tahun selanjutnya, keenam mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah yang sama untuk memperbaiki nilai. Setelah dimotivasi dan diarahkan mindsetnya, beberapa akhirnya mengatakan : Ternyata matakuliah ini nda terlalu sulit ya, kita kok tahun lalu bisa parah gitu ya. Alhasil sebagian besar mendapat B, bahkan ada satu yang mendapat A. Begitulah kekuatan mindset.

5. Buat hubungan baik dengan setiap dosen

Dosen, terutama dosen pembimbing skripsi adalah salah satu faktor penting dalam kuliah. Rajin-rajinlah bimbingan terutama ketika mengerjakan skripsi. Sebagian mahasiswa lama lulus karena skripsi tak kunjung usai. Dosen tidak akan memperlama waktu lulus kalau memang sungguh-sungguh mengerjakan penelitian dan skripsi. Beliau juga pasti akan mendukung kalau memang punya target lulus tepat waktu.

6. Buat manajemen prioritas

Hidup itu penuh kejutan. Buatlah daftar kegiatan, sekaligus dengan skala prioritasnya. Buatlah sistem pengaturan yang baik. Lakukan dengan konsisten. Lihatlah keajaiban yang terjadi🙂

Percaya atau tidak, ketika saya mengambil S2 semua kegiatan ini dilakukan dalam periode waktu yang sama : thesis (otomatis juga penelitian), mengajar privat (bahkan pernah sampai 14 anak, mobile ke rumah2, beberapa ada yang lebih dari sekali dalam seminggu), berjualan (pernah jualan tas dan susu), berorganisasi (tidak seaktif dibanding S1, tapi pernah jadi ketua panitia suatu event), pacaran (Alhamdulillah, dapat pacar pertama dan putus karena menikah), semua dijalani. Hasilnya? Ajaib. Kalau penasaran bisa lihat di sini

7. Setelah berikhtiar, jangan lupa berdoa kepada Allah

Tanpa dijelaskan pun rasanya semua sepakat kalau doa itu penting. Kita harus mengakui kemampuan manusia itu ada batasnya. Semua yang kita peroleh pun bukan semata-mata karena kemampuan kita. Ada faktor X yang terkadang ajaib. Itu semua karena Allah SWT yang mengatur setiap yang ada di muka bumi, Yang Maha Kaya, Maha Hebat, dan Maha Sempurna. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk meminta kepada-Nya.

Semoga tulisan ini bermanfaat😀

2 thoughts on “Tips lulus kuliah tepat waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s