Kisah Inspiratif dari Kantor


Suatu pagi di suatu kantor ada seorang pegawai yang terkenal rajin masuk ke ruangan pimpinannya. Pegawai tersebut dari raut mukanya terlihat kurang puas dengan keputusan pimpinan tersebut.

Pak Agus seorang pegawai yang sangat rajin dalam bekerja protes ke pimpinan: “Bapak adalah pimpinan yang bijaksana, mengapa memilih pak Budi sebagai kepala bidang? saya bisa bekerja jauh lebih cepat dari dia dalam melaksanakan perintah.”

“Begitukah?” , tanya pak Carli si pimpinan
“Iya. Bapak boleh uji saya sekarang.” tantang pak Agus.”Baik lah. Coba periksa di seberang saya itu, mengapa mereka ngobrol saja tidak kerja.”Si pegawai lari ke ruang seberang, kemudian melapor: “Mereka ngobrol karena tidak bisa bekerja.”

“Mengapa tidak bisa bekerja?”

Si pegawai lari lagi dan dalam sekecap sudah kembali: “Program komputer yang digunakan untuk kerja tidak bisa dijalankan.”

“Mengapak tidak bisa dijalankan?”

Budi menanyai orang-orang di ruang seberang gedung itu dan langsung memberi laporan: “Jaringan komputernya off-line.”

“Tolong panggil pak Budi ke mari,” perintah pak Carli.

“Baik pak.”

Budi: “Ada apa pak?”

“Coba tengok ke ruang seberang itu, mengapa mereka hanya ngobrol-ngobrol saja tidak bekerja,” perintah pak Carli.

Setelah dalam beberapa saat Budi tidak terlihat kembali melapor, Agus komentar: “Betul kan pak? Pak Budi lambat dalam melaksanakan tugas.”

Sesaat kemudian Budi datang dan melapor: “Mereka tidak kerja karena program komputer tidak bisa dijalankan. Ternyata jaringan komputer di ruang itu terputus. Setelah saya telusuri, saya temukan hub ruang sebelah yang menjadi penghubung ke backbone mati. Ada pegawai menggunakan microwave oven yang mengakibatkan listrik njeglek. Saya sudah minta teman rumah tangga untuk ngembalikan oven itu ke dapur dan menghidupkan MCB. Sekarang para pegawai itu sudah kembali bekerja lagi.”

Dengan wajah tersipu pak Agus berkata kepada pak Carli: “Mohon ijin kembali ke tempat kerja.”

Kisah fiktif diatas diadaptasi oleh pak Bambang Prastowo dari cerita kapten kapal Cina yang sering disampaikan pak Djamaludin Ancok di acara outbound management training.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s