7 alasan kenapa pilih matematika


Senin, 29 Oktober 2012

Perhatian!!! Dilarang keras membaca dalam keadaan galau n bimbang (khususnya buat yang blum kuliah) milih mau nglanjutin ke program studi apa. Yang tak paparin dibawah ini sekedar alasanku kenapa kuliah di Matematika, nda ada niat sama sekali untuk menyesatkan promosi program studi matematika. Kenapa milih prodi Matematika?? Let’s check this out!!!

1. Nggak banyak hafalan

Kalau orang-orang berfikiran, matematika itu rumus dan dihafal sepertinya harus ngeliat kurikulum matematika di prodi S1. Menurut pengalaman sih, emang ada rumus yang musti dihafal. Tapi itu smua super sedikit (relatif sama yang harus difahami) n banyak rumus yang bisa dimunculkan tanpa harus dihafal. Nda percaya? buktikan sendiri :p

2. Banyak waktu luang

Ni relatif juga sih dibandingin sama yang kuliahnya banyak praktikum. Coba aja nengok kawan serumah n bandingin, misal Kimia mereka jauh lebih banyak praktikum. Trus liat lagi tetangga sebelah, Biologi sama aja praktikumnya banyak. Trus yang nyebrang jalan misal Pertanian sama Teknologi Pertanian, sama2 banyak juga. Dari sini udah kliatan sangat hemat waktu deh. Apalagi tugas2nya bisa dikerjain 10 menit😀 *syarat dan ketentuan berlaku, hahaha

3. Bisa nglatih logika

Yang ini super penting menurutku, coz hidup tanpa logika bagaikan berjalan tanpa melihat. Bisa dibilang malah alasan yang paling bagus buat masuk matematika ya ini, coz ada Logika Matematika, Struktur Aljabar dan dedengkot2nya. Bener2 musti faham n lama2 logika pun terasah.

4. Skripsinya bisa dicicil dimana aja, kapan saja bahkan di alam mimpi

Kalo yang ini bener2 serius, coz skripsinya anak matematika rata2 lebih ke studi literatur. Emang sih menurut pengalaman ada yang sampe ngambil data n bayar juga, tapi sebagian besar biasanya mempelajari apa yang udah dipelajari orang lain. Kemudian ditulisin lagi deh dengan kata2 sendiri. Nah, kalo capek ngerjain skripsi kan bisa difikirin sambil tidur😀. Beda sama beberapa prodi laen yang musti ngelab dulu buat dapetin data n baru bisa jalan skripsinya :p

5. Laboratoriumnya murah, bahkan gratis

Kok bisa? Lha cukup kertas sama pulpen dah bisa kerja e. Padahal hampir tiap orang punya, kan bisa pinjem tuh jadi gratis. Misal modal dikit ya bisa pake Lepi atau Kompi, kalo ga punya kan bisa pinjem juga, hehehe.

6. Cocok buat keren2an atau skedar bagi2 ilmu

Siapa coba yang ga bilang “Wow” kalo denger temennya kuliah di matematika. Mesti pikirannya langsung terbayang yang susah2 n akhirnya dianggep pinter matematika deh (padahal kenyataan bisa berkata lain :p ). Selain itu, menurut data dari beberapa bimbel biasanya matematika merupakan mapel yang paling dibutuhin tentornya. Ya wajar sih, kan emang relatif susah😀

7. Bisa bikin belajar jauh lebih cepat

Nah ini yang terpenting, paling penting, dan super penting (apaan sih). Secara umum kalau tak rasin kuliah di matematika sih bener2 ngelatih otak. Aku pribadi sebenernya nda rajin belajar juga, nunggu mood baru belajar. Sama nunggu kepepet juga sih baru serius belajar. Tapi meskipun berkala, dengan ngelatih logika n banyak ngajar ternyata bisa bikin mahami materi lain dengan cepat. Misal belajar ilmu Ekonomi, yang anak ekonominya sndiri aja belajar bisa lama tapi dengan mengulas n mahami bentar bisa jadi malah lebih faham daripada anak ekonominya sndiri. Setidaknya itu yang kurasakan😀
Sedikit saran aja, buat temen2 yang udah “terlanjur” masuk suatu program studi (khususnya matematika). Khususnya lagi buat yang bukan lagi tahun pertama, kan udah terlanjur masuk tuh. Kalo mau pindah atw males2an juga malah rugi sendiri deh, mending bangun aja rasa suka akan pilihanmu.

Cintai apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu cintai. Tapi tetap fikirkan harapan orang2 yang kamu cintai

Toh pekerjaan nggak harus linier sama prodi yang kamu pilih kok, dan yang pasti lulus dalam tempo singkat n nilai baik jauh lebih menyenangkan n lebih mudah buat kedepannya drpd lulus lama n nilai pas2an. Tapi jangan lupa ya, softskill tetap diasah biar bagus juga, pastinya keren coy😀

3 thoughts on “7 alasan kenapa pilih matematika

  1. mantap! memang saya sudah membuktikan, walau “agak” terasa pahit kuliah di prodi ini tapi benar kata salah satu dosen favorit kita, matematika pasti dibutuhkan di semua lini, asal kita mau kreatif. setuju juga sama kata beliau kalo cewek2 rugi banget kalo ga mau sama cowok lulusan matematika, karena lulusan matematika relatif cepet sukses setelah lulus..

    Dan lagi! jangan khawatir masalah pekerjaan, kata si Bapak tsb yang cuma melulu bekerja di matematika aja bisa ganti2 mobil, apalagi yang mau kreatif keluar&belajar hal lain selain matematika😀 –> yang ini Alhamdulillah saya sudah buktikan🙂

    walau terasa sedikit pahit kuliah di matematika, tapi yakin lah, hal-hal manis akan menunggu ketika sudah lulus*syarat&ketentuan berlaku

    yang penting fokus belajar&cermat melihat situasi😀 salam sukses!

    • Asiiiikk, suka banget sama comment ini.. Sepertinya aku tau mbak siapa yang dimaksud, yang pasti kalau aku dosen favorit klw yg co bukan dosen matematika.😀
      Salam sukses🙂

  2. Pingback: 7 Alasan Kenapa Pilih Matematika | bharamaulana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s