Dragon Festival


Liong dari grup putra Mataram

Senin, 6 Februari 2012

Berawal dari retweet adik angkatan dari akun twitternya Swaragama, akhirnya diputuskan buat jalan2 ke Malioboro liat dragon Festival. Berhubung puasa, jadi agak nanggung kalau berangkatnya sore, jadi stelah shalat Maghrib, isi perut langsung jalan. Sbelum ke Malioboro, mampir dulu ke daerah FE UTY. Tapi berhubung yang dicari tutup, akhirnya ke Malioboro deh, sampe sana sekitar jam 7 an.

Salah satu “dewa Naga” yang diarak

Sampai di Malioboro, udah rame bener. Maklum lah, karena katanya sih festivalnya dimulai dari sore. Namun karena pengaturan parkir kurang rapi, keadaan jadi semakin semrawut diselatan pasar Beringharjo. Akhirnya bener2 harus berdesak2an supaya mencapai Malioboro. Bahkan ada loh yang sampai naik ke pasar biar lebih jelas ngeliatnya. Nah, sebelum berangkat niatnya sih mau bawa kamera. Entah kenapa malah jadi nda kebawa, akhirnya pakai kamera HP deh. Harap maklum kalau gambarnya kurang jelas, hehe.

Salah satu panji yang dibawa peserta

Singkat cerita, berhubung ini dragon festival jadi icon utamanya adalah Liong. Namun karena ini adalah festival budaya jadi ada juga yang lain. Aku sendiri kurang begitu mengamati, karena nda terlalu lama disitu tapi sekilas ada jathilannya juga. Festival ini dimeriahkan dengan atraksi Liong di perempatan selatannya Malioboro. Dan karena ada penjuriannya, jadi atraksinya semakin meriah. Para peserta saling menunjukkan kekompakan, dan keahliannya dalam memainkan Liong. Bahkan ada yang memakai petasan juga loh di kaki seperti kelompok Putra Mataram supaya lebih meriah.

Salah satu pengunjung foto bareng Barongsai

Waktu pun semakin malam, dan pengunjung satu persatu mulai pulang. Kelihatan banget pengunjung sudah makin sedikit, tapi jam 9an masih lumayan rame sih. Ketika ngeliat peserta festival pun hampir semuanya keringatan, mungkin capek kali ya jalan lumayan jauh dan bawa Liong. Tapi meski mandi keringat, pas udah sampai diperempatan untuk dilakukan penjurian terlihat sangat bersemangat. Sungguh acara yang menarik dan meriah, Jogja Memang Istimewa !!!

2 thoughts on “Dragon Festival

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s