Trik bayar SPP / BOP di Mandiri Cab UGM Tanpa Antri


Jum’at, 3 Februari 2012

Tadi pagi, sekitar jam 10 tancap gas dari rumah menuju bank Mandiri cabang UGM. Dalam hati yang ada di pikiran pasti antrinya banyak banget. Apalagi ini kan hari terakhir, jadi kemungkinan besar para pembayar SPP n GMC banyak banget yang bakal daftar hari ini. Waktu pun terus berlalu, akhirnya aku pun sampai di bank Mandiri cab UGM. Motor langsung kuparkir disebelah utara, dekat pintu keluar. Setelah copot helm dan menaruhnya  di motor, langsung aja deh ke tempat pembayaran yang sudah disediakan ( yang posisinya dibelakang).

Sesuai dugaan, rame banget coi. Bahkan tadi pagi antriannya sampai diluar.

Wow banget gitu loh (lebay dah), tapi wajar sih soalnya (sekali lagi) karena ini hari terakhir pembayaran SPP. Perkiraanku sih (sesuai dengan pengalaman), antri bisa memakan waktu hingga setengah jam lebih sampai bisa dilayani kalau segitu banyak yang mengantri. Itu kalau tellernya dua loh, kadang tellernya cuma 1. Ya tinggal dikali 2 aja, bisa sampai 1 jam “hanya” untuk mengantri. Berhubung aku ndak sabaran, akhirnya pakai trik ini.

Nah, setelah liat kerumunan berjibun kayak gitu akhirnya akupun langsung jalan keutara arah tempat mesin ATM. Yups, tiap mesin ATM ini bisa digunakan untuk membayar SPP juga. Dan berhubung mesinnya banyak, hampir bisa dikatakan “pasti” tidak akan mengantri. Misal ngantri pun paling maks 2 orang, jumlah yang jauh lebih dikit dibandingkan bayar ditempat yang sudah disediakan oleh bank Mandiri. Untuk langkahnya sederhana kok,

  1. Yang pasti kamu harus punya kartu ATM mandiri dulu. Untuk MaBa, KTM nya bisa diaktifin jadi kartu ATM loh, hanya dengan bayar 50ribu saja.
  2. Masukin tuh kartu ATM ke mesin, kalau mesinnya nda rusak sebelum mentok masukinnya udah ditarik sama mesinnya.
  3. Pilih bahasanya, kalau aku sih mending pake bahasa Indonesia.
  4. Masukin pin kartu ATM mu, ati2 jangan sampai salah. Aku kurang tau berapa batas maksimalnya, tetapi setauku kalau salah masukin pin berkali-kali bisa diblokir.
  5. Setelah itu pilih yang pembayaran, terus pilih yang multi payment
  6. Kalau kamu disuruh masukin kode instansi, masukin 10005 ( Sepuluh ribu lima ) 
  7. Nanti keluar tulisan instansinya UGM, ikuti aja petunjuk yang ada disitu.
  8. Masukin NIU ( Nomor Induk Universitas ), itu loh angka terdepan di NIM mu setelah angkatan. Nah ntar ada pilihan bayar apa. Tadi sih seingetku kalau SPP pencet angka 1.
  9. Terus muncul deh Nama dan NIM lengkap kamu, pastikan nama dan NIMnya benar.
  10. Klik aja bayar, nanti keluar nominal yang harus kamu bayar kok. Jangan lupa ketika ada opsi cetak pilih cetak.
  11. Tunggu aja sampai bukti pembayaran kecetak,  kalau udah selesai langsung keluar kok disisi kanan atas mesin ATM.
  12. Kalau udah ada bukti pembayaran, berarti selesai. Kalau mau transaksi lain ya silahkan, tapi kalau nda mau sudahi saja. Ntar kartu ATM akan kluar dari mesin ( kalo ga nyangkut lho ya)

Nah, sederhana kan? Yang “pasti” nda pake ngantri n bisa irit waktu. mau bayar langsung atau via ATM silahkan putuskan sendiri🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s