Pantai Sundak


Jalan masuk ke pantai Sundak

Jum’at, 27 Januari 2012

Sebenernya nda sampe ke pinggiran pantai sih, tapi gpp lah. Berhenti sejenak ditepian jalan, dan melihat sayup2 deburan ombak dipantai menurutku sudah cukup. Apalagi kalau melihat suasana dan pemandangannya ndak jauh berbeda dengan pantai Indrayanti, pantai pertama yang dikunjungi hari itu. Lumayan sih, puas juga main-main ke pantai hari itu.

pemandangan salah satu bagian pantai dari jalan

Pada awalnya, pantai ini disebut pantai wedi belah. Ada fenomena alam unik akhirnya menjadi titik tolak penamaan tersebut. Jika musim hujan tiba, banyak air dari daratan yang mengalir menuju lautan. Akibatnya, dataran di sebelah timur pantai membelah sehingga membentuk bentukan seperti sungai. Air yang mengalir sepertimbedah (membelah) pasir. Bila kemarau datang, belahan itu menghilang dan seiring dengannya air laut datang membawa pasir. Fenomena alam inilah yang menyebabkan nama pantai menjadi Wedibedah(pasir yang terbelah).

narsis dikit ah, hahaha

Perubahan nama berlangsung beberapa puluh tahun kemudian. Sekitar tahun 1976, ada sebuah kejadian menarik. Suatu siang, seekor anjing sedang berlarian di daerah pantai dan memasuki gua karang bertemu dengan seekor landak laut. Karena lapar, si anjing bermaksud memakan landak laut itu tetapi si landak menghindar. Terjadilah sebuah perkelahian yang akhirnya dimenangkan si anjing dengan berhasil memakan setengah tubuh landak laut dan keluar gua dengan rasa bangga. Perbuatan si anjing diketahui pemiliknya, bernama Arjasangku, yang melihat setengah tubuh landak laut di mulut anjing. Mengecek ke dalam gua, ternyata pemilik menemukan setengah tubuh landak laut yang tersisa. Nah, sejak itu, nama Wedibedah berubah menjadi Sundak, singkatan dari asu (anjing) dan landak.

papan penunjuk jalan

Untuk mencapai pantai ini tidaklah sulit. Pada intinya sih tinggal ikuti jalan, soalnya jalan utamanya ya nda ada belokan-belokan yang membingungkan.

– Kalau dari Yogya, ikuti saja jalan Jogja – Wonosari hingga mencapai kota Wonosari.

– Setelah itu tanya / cari jalan Baron, ikuti jalan tersebut

– Setelah melewati pos pemeriksaan Baron, ambil jalan ke kiri ( ke pantai Kukup ). Ikuti jalan itu terus, sampai ngeliat papan penunjuk yang ada digambar.

sepertinya asik ya melepas lelah di situ

Akhir kata, di Gunungkidul yang posisinya di kidul (selatan) menyajikan banyak sekali wisata pantai. Hampir semuanya yang kutau sih pantainya berpasir putih, yang pasir item seperti di pantai Baron dikit. Tinggal anda sekarang yang menentukan, mau kepantai manakah? kalau bingung, pantai Sundak inilah salah satu solusinya🙂

3 thoughts on “Pantai Sundak

  1. Pingback: Selamat datang di Isnhasyifa dot com | Isnhasyifa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s