Prosedur Herregistrasi aka Daftar ulang


Nah kalau masih pengen tetep kuliah di UGM setiap semester akademik, mahasiswa wajib melaksanakan dua jenis registrasi, yaitu registrasi administrasi (bayar SPP n GMC abis itu BOP) dan registrasi akademik (KRSan). Sedikit gambaran aja tentang bayar SPP, karena UGM bekerja sama dengan bank Mandiri jadinya bayarnya via bank Mandiri. Ada 3 cara sih, bisa lewat ATM (solusi buat yang mudik n ga punya rekening Mandiri), Internet banking Mandiri (solusi buat yang mudik n punya rekening + bs pake fasilitasnya) sama bayar langsung ke bank Mandiri (setor tunai).

Sebenernya sih paling enak menurutku pake cara yang terakhir ini, soalnya nda repot n pasti nyampenya. Untuk prosedurnya tinggal ikuti yang ada disitu. Sekedar tips aja sih kalo pake cara yang terakhir, lebih baik transfernya di bank Mandiri cabang UGM. Kemungkinan bermasalahnya sangat kecil, soalnya langsung terhubung n koneknya lumayan cepet. Pengalaman sih temenku ada yang pernah bayar langsung ke bank tapi bukan yang cabang UGM malah bermasalah. Untuk cara yang lain tak screenshotkan dari DAA

Oh iya, jangan lupa bukti pembayaran entah kamu pake ATM, internet banking maupun setor tunai jangan sampai hilang. Bukti tersebut kadang diperlukan untuk mengambil kartu Ujian Tengah Semester maupun KRSan. Yang pasti kalau belum bayar SPP atau bayarnya telat lebih susah buat dapetin kartu GMC (meski blum tentu dipake juga si tu kartu)

Untuk KRS, ada 2 yaitu manual dan Online. Aturan sekarang lebih memudahkan, karena yang manual bisa dibilang cuma formalitas nda seperti dulu. Kalau yang Online sih, tinggal buka portal akademik yang alamatnya di http://akademika.ugm.ac.id . Nanti dibagian kanan ada tulisan Kartu Rencana Studi, trus klik aja. Kamu bisa ngambil matakuliah disitu, untuk yang semester 2 berhubung masih paket ya berapapun IP mu pas semester 1 masih bisa ambil sebanyak paket. Namun kalau IPnya diatas 3,00 bisa ambil lebih. Tapi jangan lupa, setelah balik ke Jogja meski itu bukan periode KRS tetap minta tanda tangan dosen pembimbing akademik di KRS manualnya, Terus diserahkan ke Fakultas 1 lembar.

Secara umum sih, prosedurnya nda terlalu ribet. Lagipula kalau bingung tinggal tanya aja, kan banyak yang bisa ditanya. Selamat daftar ulang🙂

6 thoughts on “Prosedur Herregistrasi aka Daftar ulang

  1. sekarang ane semester 3, dulu ane pas semester 1 mengajukan keringanan biaya SPMA, dan akhirnya SPMA bisa dicicil menjadi 2.500.000 tiap semester. dan barusan ke bank mandiri dan aku harus bayar 3.000.000 lebih buat bayar SPP+SPMA…. aku belum punya uang segitu,, kalau telat bayar SPP+SPMA gimana yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s