Goa Maria Tritis


Setelah liat blognya mas Yacob , baru tau kalo didaerah Jogja juga ada goa Maria. Namun kali ini bukan di Jogja, yang ini ada di Gunungkidul. Lebih tepatnya di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.  Kalau dari Jogja, untuk mencapainya, ada 2 jalan :

1. Lewat jalan utama ke Baron

Pokoknya ikuti aja jalan, nanti ada penunjuk jalan bertuliskan Goa Maria Tritis. Ikuti jalan sesuai arah penunjuk tersebuk, kalau dari Wonosari berarti nanti belok kiri nglewatin dusun Watubelah. Terus mentok, ambil kanan, abis itu ikutin jalan aja. Nah cek terus aja kanan jalan, nanti ketemu deh Goa Maria Tritis.

2. Lewat jalan alternatif Jogja, Panggang, Baron

Kalo yang ini ikuti jalan aja. Habis polsek Playen, pertigaan ambil kanan aja. Ikutin jalan aja terus, sampai pasar Trowono. Setelah sampai dipasar, jangan lupa ambil kiri soalnya kalau lurus terus sampai pantai Ngrenehan ntar. Nah abis itu ikutin jalan terus aja. Jangan lupa cek kiri jalan, nah goa maria ada di kiri jalan.

Di tempat alami seperti ini, nda heran kalau berdoa bisa sangat khusyuk ^__^

Kondisi langit-langit Goa Maria

Ga perduli lokasi, yang penting tetep narsis🙂

Pada intinya yang kutau, Goa Maria adalah wisata ziarah. Jadi bagi siapapun yang kesini, harap untuk menjaga ketenangan, kesopanan, karena tempat ini digunakan juga untuk beribadah dan berdoa. Nah kalo ke Gunungkidul, jangan lupa mampir ke Goa Maria Tritis ya,,