Kendali logika fuzzy pada mesin cuci


Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input kedalam suatu ruang output.
Dengan menerapkan fuzzy logic pada sebuah sistem kontrol akan dihasilkan proses yang dapat beroperasi secara otomatis dan memiliki efektifitas yang mendekati sama dengan control yang dilakukan oleh manusia secara manual.

Tidak seperti sistem kontrol konvensional, dengan menerapkan fuzzy logic pada sebuah sistem kontrol akan dihasilkan sistem kontrol yang mampu mengontrol sistem yang kompleks, bersifat non-linier dan tidak stasioner.
Sistem yang menggunakan fuzzy logic membutuhkan spesifikasi hubungan antara masukan dan keluaran, yang secara umum dinyatakan dengan :IF(A1) THEN (B1) ……….IF (An) THEN (Bn) dimana A1,…, An adalah antecedent yang merupakan masukan yang telah difuzzyfikasi, sedangkan B1,…..Bn adalah consequent yang merupakan keluaran.

Contoh dari sistem klasifikasi fuzzy adalah mesin cuci fuzzy. Beberapa variabel/parameter mesin cuci ditentukan berdasarkan jumlah dan jenis pakaian. Keluaran atau informasi dari sistem klasifikasi ini digunakan untuk menentukan jenis spin-dry serta lembut atau kasar gesekan pakaian yang optimal.

kendali logika fuzzy pada mesin cuci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s