Public Speaking Vs Presentasi


Dilihat dari segi arti, public bisa diartikan orang banyak dan speaking berarti berbicara. Jadi secara bahasa,public speaking bisa berarti kemampuan untuk berbicara didepan orang banyak. Melihat dari arti tersebut, tentunya sangat wajar kalau tidak banyak orang yang mempunyai kemampuan public speaking yang baik. Namun kita patut berbangga, karena setidaknya bangsa Indonesia memiliki bung Karno yang suaranya pernah menggelegar hingga seantero dunia di masanya.

Nah, kalau presentasi tentunya juga berbicara dengan orang banyak. Jadi presentasi bisa dibilang termasuk juga dalam public speaking. Kalau dalam bahasa Matematika, Presentasi subset publik speaking. Jadi wajar kalau ketika kita kuliah cukup banyak mata kuliah yang mengharuskan untuk presentasi. Karena tentunya, yang diharapkan tidak hanya pintar di akademis saja, namun juga memiliki softskill yang mumpuni. Salah satunya ya kemampuan public speaking.

Belajar dari pengalaman presentasi pas Alinter tadi, harus kuakui kemampuanku berbicara di depan orang banyak masih jauh dari kata baik. Sifat asliku yang pendiam mungkin menjadi salah satu tantangan untuk menjadi seorang public speaker yang baik. Yang jelas dengan kemampuanku sekarang, sangat sulit juga membuat rekan-rekan untuk antusias mendengarkan presentasi disaat mereka sibuk sendiri belajar untuk kuis. Yaps, mungkin itulah potret dari sebagian mahasiswa saat ini. Kuliah untuk mencari nilai, bukan “nilai”. So nilai A menurutku kadang nda menjamin orang tersebut memang mendapat “nilai A” yang sesungguhnya.

Semoga pengalaman tadi bisa menjadi semangat untuk belajar menjadi public speaker yang baik. Amiiin..