Serius soal math buat SD ?


Selasa, 12 April 2011 pukul 07.30 pm

Yaps, seperti biasa aku ngeles lagi. Kali ini yang tak les adalah murid SD kelas 4, yang dia sangat semangat buat ikutan olimpiade matematika. Dan berhubung Minggu mau tanding, ya akhirnya aku menyanggupi buat ngeles meski sebenernya aku masih dalam masa-masa UTS. Karena udah mau tanding, n tingkatannya belum begitu ngeri akhirnya ya latihan soal-soal yang masih relatif mudah (buatku n dia , nda tau deh buat anak SD yang lain).Karena Selasa aku ujian sampe sore, akhirnya les pun di rumahku. Ternyata dia bawa soal-soal yang lumayan banyak, dan kupilihin yang cocok. Waktu itu cuma ada 10 soal, tapi iseng akhirnya ngerjain soal pemanasan buat olimpiade internasional 10 soal juga. Total 20 soal waktu itu yang sukses diselesaikan, dalam waktu kurang dari 1,5 jam. Disela-sela ngerjain soal, aku  cukup kaget dengan salah satu lembar soal yang ia bawa. Wuih gila, ni soal tak pikir-pikir buat anak kuliahan aja blom tentu bisa. Dan kalimat pertama yang kebayang waktu liat soal itu pertama adalah,

Nih serius soal buat anak SD?

Bayangin aja, 3 soal dan semuanya pembuktian. Waktu yang diberikan super lama, yaitu 4,5 jam. Nggak kebayang deh gimana caranya anak SD bisa nyampe logikanya tentang jawaban soal yang dimaksud. Nda terlalu inget sih soalnya, tapi no 3 kurang lebih gini.

Buktikan untuk setiap x,y,z elemen R , x.y.z>1 berlaku

({x^4-x^2}/{x^5-y^4-z}) + ({y^4-y^2}/{y^5-z^4-x}) + ({z^4-z^2}/{z^5-x^4-y})  \geq 0

Hehehe, masih bingung pake LaTeX jadinya manual deh. Yang jelas pusing cari jawabannya..😀

2 thoughts on “Serius soal math buat SD ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s