Organisasi, buat apa???


Masih sering muncul di benakku, “ikut” organisasi??? buat apa???

Entah kenapa sangat2 sulit bagiku tuk mendapatkan jawabannya,, bukan karena organisasi ga ada manfaatnya, tapi karena manfaat yang didapet dengan menjadi anggota hampir ga ada bedanya dengan hanya ikut nimbrung aja. Kenapa? karena manfaat langsung yang kurasakan ketika ikut organisasi adalah linknya. Bahkan bisa dibilang rugi ikut organisasi yang “ga” jelas tujuannya, apalagi yang didalam organisasi tersebut proker2nya kadang nda sesuai dengan latar belakang, visi dan misinya. Bahkan yang kutau, tidak sedikit organisasi di kampus yang para pengurus intinya pun nda tau visi misi organisasi tersebut.

Tengok saja organisasi di kampus,  pengalamanku yang katanya “humas” menurutku hampir semua organisasi yang q temui ga jauh beda. Para pengurus yang mengadakan suatu acara menurutku lebih ke arah EO, dan itu ternyata sependapat statement dengan seorang dosen berinisial “S” ketika beliau memaparkannya di ruang kelas. Lihat saja peranan mahasiswa ketika mengadakan suatu acara, sepertinya lebih banyak ke arah angkat2 kursi, hubungi pembicara, cari2 dana, dan sangat jarang yang mau jadi pengisi acaranya. Terus apa bedanya dengan EO dong, padahal buat jadi EO nda perlu capek2 kuliah toh.

Sedikit membandingkan saja dengan suatu pelatihan yang masih dalam ruang lingkup kampusku. Diakhir pelatihan, kita diberi kesempatan untuk membagikan apa yang kita dapatkan dengan suatu aksi nyata. Nah, aku masih ingat betul ketika presentasi proporsal salah satu hal yang SANGAT DITEKANKAN adalah peranan pengaju proporsal tersebut ketika acara. Yang jelas jauh lebih dihargai ketika peranan tersebut bukan pada EOnya, tapi bisa jadi MC, Moderator, Fasilitator bahkan narasumber sekalipun. Toh klw akhirnya juga jadi EO nda perlu repot2 diberi pelatihan juga..

Manfaat langsung yang kurasakan lagi dari organisasi selain link, adalah kemampuan meloby dan berbicara. Namun ada cara lain ternyata, menurutku sih malah lebih dapet lagi. Untuk meloby, bisa didapet dari wirausaha. Lumayan kan kemampuan bertambah n dapet profit juga. Apalagi masih muda, jadi inovasi dan tekadnya sangat tinggi. Untuk berbicara, bisa jadi tentor atau karena aku sendiri dari Mipa bisa jadi pembahas soal. Malah bisa dapet bonus kemampuan untuk menjelaskan juga, dan yang jelas dapet “bonus” buat ngurangi ketergantungan pada ortu.

Tulisan ini hanya ingin share apa yang kurasakan, jadi silahkan kalau ada yang mau protes atau mengeluarkan pendapatnya dipersilahkan.. Toh kita juga sama2 share.. Yang kutekankan disini bukanlah ORGANISASI TIDAK BERMANFAAT, namun manfaat organisasi tersebut dapat diperoleh dengan kegiatan lain yang tidak menyita waktu, tenaga, dan uang tentunya.. Bahkan bisa saja kegiatan lain tersebut tidak hanya menjadi investasi di masa depan, namun juga menghasilkan profit untuk saat ini..

6 thoughts on “Organisasi, buat apa???

    • Yups sepakat, harus sepenuh hati.. Penekananku cm manfaat organisasi itu bisa didapet di tempat lain yang pengorbanan lbh dikit tp dpt lbh banyak..

  1. Untuk menjawab pertanyaan
    Dulu waktu kamu kuliah, nagapain aja?
    Percayalah, ketika kamu lulus nanti, organiasi2 yang kamu masuki, kepanitian2 yang kamu ikuti akan menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut
    Lagipula apa bisa orang langsung menjad MC, Moderator, Fasilitator bahkan narasumber sekalipun, ada step2 yang harus dilalaui, apa step2nya? Ya… ngangkat2 kursi dahulu

  2. kl mnrutku organisasi itu bnyak mnfaatnya,,
    krn dstu kita berproses,,,
    kita akan lbih bisa blajr dlam hal problem solving,, krn pastinya dlam sebuah kpanitiaan sndiri pasti akan tmbul sbuah msalh2,,
    dan lg kita bisa membntuk sebuah karakter yg ada pd diri kita,,]
    mnrutku sech,,heehe

    • Sepakat,, memang organisasi bermanfaat, tapi yang kutekankan disini ada kegiatan laen yang lebih dapat manfaatnya namun dengan pengorbanan yang lebih dikit😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s