TANGGUNGJAWAB


Rasa tanggung jawab tidak tumbuh begitu saja dalam diri seseorang. Biasanya yang tidak dilatih bertanggungjawab dari kecil, tentu dewasanya tidak akan menjadi pribadi yang bertanggungjawab pula. Sebaliknya, ketika sejak kecil yang diajarkan dan dilatih untuk memiliki tanggung jawab sejak kecil, di masa mendatang mereka pun akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang bertanggungjawab. Namun akankah ketika sudah dewasa dan tidak terlatih untuk bertanggungjawab akan terus tidak bertanggung jawab hingga tua nanti??? Tentu jawabannya ada pada diri masing2

Beberapa kali ditunjuk sebagai pemimpin, entah itu hanya sebagai koor atau langsung jadi ketua kadang membuatku emosi  ketika seseorang yang telah ditunjuk dan mengatakan “ya” tiba2 mengatakan “tidak” dengan alasana yang tidak bisa diterima. Menurutku lebih baik menolak dari awal, daripada di tengah2 kemudian melepas tanggung jawab seperti itu. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepercayaan, dan bisa berakitbat fatal apabila tidak segera diselesaikan. Kuncinya dengan menumbuhkan tanggungjawab tersebut, tapi bagaimana caranya menumbuhkan rasa tanggung jawab pada orang laen? mungkin ini sekedar tips yang dapat ku share berdasarkan pengalaman2ku:

1. Memberikan tugas sederhana

Jika Anda berpikir tugas yang kelihatannya sepele itu tidak penting, ANDA SALAH BESAR. Mungkin kata2 mutiara dibawah dapat sedikit menjelaskan alasannya:

“Bila anda ingin melakukan besar dapat dimulai dari sesuatu yang sederhana, dan janganlah sekali-kali anda menganggap sesuatu tersebut sederhana” (lupa redaksinya, krng lebih maknanya seperti itu [lupa jg kata2nya siapa])

dan

“Ribuan langkah dimulai dari satu langkah kecil” [gag tau kata2nya siapa]

2. Penguatan positif.

Manusiabiasanya mencari penguatan dan pembenaran dari orang lain atas apa yang mereka lakukan. Saat mereka berbuat sebuah kebaikan, mereka ingin orang lain melihat dan menghargai “kerja keras” mereka. Untuk itu, tidak ada salahnya kita memberikan pujian kepada orang tersebut atas prestasi dan usaha keras mereka dalam berbuat kebaikan. Dengan demikian, dia merasa dihargai, dan berikutnya dia akan berusaha melakukan yang terbaik lagi.

3. Relawan

Kita dapat mengajak untuk menjadi relawan kecil-kecilan. Maksudya? ya dengan mengajak supaya dalam setiap tindakan itu ikhlas, sehingga tidak menjadi beban lagi. Kelihatannya simple, tapi dalam prakteknya sangat berat. Setiap orang tentu punya pekerjaan masing2, sifat yang berbeda2, prioritas masing2, dan pencapaian masing2, jadi kadang2 kalau disuruh menjadi tidak ikhlas. Entah kongkritnya sperti apa, tapi yang jelas point ini sangat penting.

4. Menabung

Lho, apa hubungannya??? Yang dimaksud menabung disini ialah dengan tidak menunda2 pekerjaan, mungkin bahasa gaulnya ya “mencicil”. Kongkritnya dengan selalu mengingatkan dan memantau perkembangannya. Biasanya kalau seseorang dikasih tugas, ia tak langsung mengerjakannya. Setelah deadlinenya dah dekat, baru lah dengat secepat kilat dikerjakan. Kalau memang tidak ada suatu hal yang menghalangi sih tak masalah, namun kita tak tahu apa yang terjadi esok hari. Bisa saja tiba2 sakit, atau ada hal lain yang akhirnya membuat tugas tersebut makin berat. Jadi apabila kita ingatkan terus menerus, dia akan segera mengerjakannya.  Dengan demikian, mereka bisa melakukan yang terbaik tanpa menganggap hal tersebut adalah beban. Hal-hal kecil seperti ini sangat membantu untuk menumbuhkan tanggung jawab, dan mengurangi ketergantungan serta kebiasaan kejar deadline.

Itu smua cuma berdasarkan pengalamanku, tapi aku sendiri pun belum bisa melakukan smua itu,,,

Akhir kata, semoga bermanfaaat

2 thoughts on “TANGGUNGJAWAB

    • Lebih berat lagi membuat orang laen menjadi bertanggung jawab… tapi seberat apapun harus dijalani, coz emang masih muda harus penuh perjuangan !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s