Hal Gila di Facebook


Banyak hal yang bisa kita lakukan di Facebook. Tidak hanya sebagai wadah bersosialisasi, situs jejaring ini juga bisa dijadikan tempat untuk memantau dan memengaruhi orang lain. Kita bisa memanfaatkan Facebook, tidak hanya dalam hal positif, tapi juga hal negatif.  Salah satunya jika terkait masalah hubungan dengan lawan jenis. Bahkan beberapa orang bisa sangat extrim dalam memanfaatkan Facebook.

Berikut beberapa hal gila yang kadang dilakukan di Facebook:

1. Membuat profil palsu untuk menguntit seseorang
Hal satu ini mungkin tampak sedikit ekstrem dan jarang dilakukan. Tapi, lumayan banyak juga yang sengaja membuat profil palsu untuk bisa memantau orang lain tanpa diketahui orang tersebut. Mungkin ini dilakukan karena ia menyukai orang tersebut, tapi gengsi untuk mengatakannya. Daripada menelepon atau mengirimkan sms, sekadar menulis “Apa kabar?” di wall Facebook, cara ini memang lebih aman.

2. Memanipulasi penampilan
Memang tidak sedikit yang sering memasang foto di Facebook untuk menampilkan citra diri yang tidak sesuai realitas. Dalam foto-foto mungkin ingin terlihat lebih gimana gituh dan kadang cukup berlawanan dengan kenyataan. Sebenernya ga masalah sih, tapi hati-hati aja karena hal ini bisa menjadi bumerang.

3. Menulis status berlebihan dan provokatif
Status di Facebook bisa dibaca siapa saja dan banyak yang mengggunakannya untuk tujuan provokasi atau pamer. Yang sering terlihat tuh status para cewek yang biasanya sedikit2 update status di Facebook. Bagiku, hal yang paling menyebalkan adalah “curhat”, soal kehidupan pribadi di status, trutama mengeluh tentang teman, pacar, keluarga dll. Menurutku, lebih baik berbicara langsung daripada mengumbarnya di Facebook, karena kesannya seperti mengharap belas kasihan. Selain itu, pamer soal kelebihan atau tempat yang didatangi dan langsung memasangnya di status. Hal ini sangat sering dijumpai trutama di kalangan pelajar.

4. Status hubungan palsu
Cukup sering melihat status seseorang yang seharusnya lajang tapi memasang status hubungan dengan “in a relationship”. Kadang malah status “in a relationship” tersebut dilakukan dengan sesama jenis. Biasanya sih hal ini dilakuin cuma karena iseng2. Tapi pada beberapa kasus, hal ini dilakukan untuk menghindari reaksi “kasihan” orang atas statusnya yang masih lajang. Kalo kasus ini yang terjadi, sangat tidak masuk akal, karena justru status tersebut menghambatnya mendapat pasangan.

5.Tanggal lahir palsu

Inilah fenomena yang sering dijumpai. Kadang ada yang sengaja mengubahnya supaya jadi lebih muda. Mungkin ia malu dengan dirinya, trutama malu kalo disebut “orang tua”. Tapi beberapa ada yang malah mengubahnya jadi lebih tua. Salah satu penyebabnya ialah karena batas minimal umur yang diperbolehkan untuk membuat akun Facebook. Tapi anehnya ada juga yang umurnya skitar 20-an malah tanggal lahirnya dibuat 1980. Sungguh gila….

Apakah Anda juga melakukan hal sama? Kliatannya diriku juga melakukan beberapa point di atas ^_^

4 thoughts on “Hal Gila di Facebook

  1. Hahaha, termasuk aku…
    Membuatkan Facebook untuk sepedaku yang kuberi nama “Mia Wijaya”…

    Tapi kalau foto Mia Wijaya jujur itu foto sepeda, ndak ada yang lain…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s