Islam itu damai


Beberapa saat yang lalu, sering tersiar berita baik di media cetak maupun media elektronik tentang terorisme. Heran, sungguh sangat heran ketika pelaku terorisme tersebut adalah orang Islam. Entah itu hanya tipu muslihat atau memang begitu keadaannya, tapi yang jelas didalam Islam sedikitpun tidak mengajarkan tentang perintah untuk membunuh dan berbuat kerusakan.

Bagiku Islam merupakan agama yang penuh dengan kasih dan rahmah. Islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam). Islam sangat membenci dan tidak membenarkan pertumpahan darah apalagi terhadap orang-orang yang tidak bersalah. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah berikut:

Firman Allah سبحانه و تعالي,

(( وَلاَ تَقْتُلُواْ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللّهُ إِلاَّ بِالحَقِّ ))

“Dan janganlah membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan yang hak” (Al-Isra: 33)

Jangankan nyawa manusia, nyawa binatang pun sangat dihargai di dalam Islam. Bahkan aku pernah mendengar suatu kisah, seorang wanita dapat masuk Neraka, hanya karena berbuat buruk kepada seekor kucing. Padahal dikisah yang lain,  seorang wanita lainnya, bahkan seorang pelacur, dapat masuk Surga karena berbuat baik kepada seekor anjing. Jika sedemikian indahnya Islam memperlakukan binatang, maka bagaimana pula dengan manusia secara umum dan orang-orang Islam secara khusus?

Karena itu, Islam memandang bahwa memelihara kehidupan seseorang berarti memelihara kehidupan seluruh manusia. Sebaliknya, barangsiapa yang membunuh seseorang berarti membunuh seluruh manusia. Secara logika hal ini sangat2 logis, karena 1 orang yang mati tersebut bisa saja apabila ia hidup, ia dapat mempunyai beribu2 keturunan. Maka dari itulah didalam Islam sampai dikatakan membunuh seseorang berarti membunuh seluruh manusia. Hal ini sesuai dengan firman Allah :

Firman Allah سبحانه و تعالي,

(( مِنْ أَجْلِ ذَلِكَ كَتَبْنَا عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ))

“Oleh karena itu kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa yang mebunuh seorang manusia bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya” (Al-Maidah: 32)

Tentu ini hanya pemikiranku saja, pemikiran seseorang yang tentunya belum tentu benar. Tapi yang aku tau, Islam berkembang pesat bukan karena perang, karena Islam merupakan agama yang damai. Jadi buat saudara2ku sesama muslim terutama para pemuda, jangan mudah lah terpengaruh oleh paham2 yang ga jelas. Kita punya akal, jadi gunakanlah akal tersebut untuk merasio paham2 tersebut. Bila tidak masuk akal jangan ragu untuk menolaknya, kalau ragu2 lebih baik bertanya kepada yang lebih tau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s