Surga itu murah


“Tiket surga regane murah

Nanging anehe okeh sing wegah

Tiket neraka regane larang

Nanging sing seneng kok pirang-pirang”

Mungkin kurang lebih seperti itulah secuplik tembang yang dinyanyikan salah seorang ustadz di suatu channel radio. Rasanya agak aneh kalau surga yang diinginkan banyak orang malah lebih murah daripada neraka yang ditakutkan oleh kebanyakan orang. Namun kalau dipikir lebih dalam, memang seperti itulah kenyataannya.

Dalam Islam menurutku Ibadah yang mahal pada urutan pertama adalah Ibadah Haji. Namun ibadah inipun hanya wajib bagi yang mampu, jadi kalau tidak mampu ya tidak mengerjakannya pun tidak mendapat dosa. Pada urutan kedua mungkin Ibadah Umroh.  Tapi Ibadah ini setahuku hukumnya memang sunnah, jadi kalau dikerjakan ya mendapat pahala dan kalau tidak dikerjakan mendapat dosa. Ibadah yang lain misalkan mengeluarkan uangpun tetap seikhlasnya dan semampunya. Bahkan banyak kegiatan yang apabila diniatkan hanya untuk Allah maka akan mendapat pahala layaknya kalau kita mengerjakan suatu ibadah, seperti misalnya bekerja, belajar, dll.

Beda halnya dengan Kunci Neraka. Misal sperti Minuman Keras n Narkoba yang notabene masih sangat banyak peminatnya, dengan harga yang sangat mahalpun tetap akan dibeli. Trus kalau dikaitkan dengan “Waktu adalah uang” , maka kegiatan2 seperti ghibah, ngobrol, berleha-leha sama saja dengan menghambur-hamburkan uang.

Nah pertanyaannya sekarang, mengapa kebanyakan orang masih memilih kunci neraka? Mungkin karena kenikmatannya yang sesaat yang dapat membuat kita lupa akan Akhirat. Bagaimanapun juga ini hanya pemikiranku, kalau ada benarnya semata-mata dari Allah SWT, kalo ada kurangnya itu karena kelemahanku sebagai manusia. “Maha Suci Allah yang mengetahui apa yang tidak kami ketahui”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s