Donor Darah


Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Donor_darah

Donor darah adalah proses dimana penyumbang darah secara suka rela diambil darahnya untuk disimpan di bank darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai pada transfusi darah.

Untuk menekankan pentingnya persediaan darah hasil sumbangan, Palang Merah Australia menyampaikan bahwa “80% orang Australia akan membutuhkan transfusi darah suatu saat pada hidup mereka, tetapi hanya 3% yang menyumbang darah setiap tahun”. Menurut palang merah di Amerika Serikat, 97% orang kenal orang lain yang pernah membutuhkan transfusi darah. Dan menurut survei di Kanada, 52% orang Kanada pernah mendapatkan transfusi darah atau kenal orang yang pernah.

Donor darah biasa dilakukan rutin di pusat donor darah lokal. Dan setiap beberapa waktu, akan dilakukan acara donor darah di tempat-tempat keramaian, misalnya di pusat berbelanja, kantor perusahaan besar, tempat ibadah, serta sekolah dan universitas. Pada acara ini, para calon pendonor dapat menyempatkan datang dan menyumbang tanpa harus pergi jauh atau dengan perjanjian. Selain itu sebuah mobil darah juga dapat digunakan untuk dijadikan tempat menyumbang. Biasanya bank darah memiliki banyak mobil darah.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Donor_darah

Bagaimana dengan di Indonesia??? Aku juga blom tau, tapi yang jelas darah sangat dibutuhkan untuk kehidupan, oleh karena itu kita mengadakan donor darah di FMIPA UGM,,,
Thanks to PMI yang udah mau bekerja sama dengan kita,,,
Kalau bukan dari sekarang, mau kapan lagi??? Mari kita tunjukkan kepedulian kita kepada sesama, salah satunya dengan mengikuti donor darah ^_^

Kalau pengen tau tentang PMI, silahkan lihat:

http://id.wikipedia.org/wiki/Palang_Merah_Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s